Menu Tutup

Produk unggulan desa Dermaji yang jadi inspirasi

produk unggulan desa dermaji

5 kategori produk unggulan desa berikut ini bisa menjadi inspirasi bisnis anda dalam menaikan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Secara umum, warga dipedesaan memiliki beberapa pekerjaan sehari hari seperti pertanian, peternakan dan usaha niaga jual beli.

Tetapi semakin kesini kian berkembang produk produk desa lainya selain menghasilkan bahan dasar / mentah juga menghasilkan produk barang jadi yang siap di konsumsi.

Advertisement

Berikut produk unggulan desa yang lebih spesifik

1.Pertanian

kebun vanili

Pertanian masih menjadi pekerjaan wajib yang umum di pedesaan selain memelihara hewan ternak sebagai tambahan penghasilan.

Pertanian merupakan sumber bahan dasar makanan. Sebagai penghasil bahan baku yang siap di olah menjadi bermacam jenis produk makanan, obat herbal ataupun produk lainya.

Berkat berkembangnya ilmu pertanian ditambah informasi yang semakin mudah didapat karena perkembangan teknologi yang kian canggih, dunia pertanian pun semakin maju.

Hal ini di buktikan dengan semakin lebih spesifik dengan pertanian jenis tanaman tertentu yang mampu mendongkrak perekonomian di pedesaan.

Sebagai contoh, ketika dahulu para petani biasanya menanam bahan pokok makanan seperti padi, singkong, jagung, kacang tanah, kedelai dan beberapa tanaman lainya saja yang di tanam berselang seling hanya untuk kebutuhan hidup sehari hari tanpa nilai bisnis lebih.

Kini para petani banyak yang menekuni pertanian yang lebih spesifik diluar bahan makanan pokok saja. Seperti Vanili, Merica, Kapulaga, Badul, kebun sayur, kebun cabe dan lain lain yang memiliki nilai bisnis lebih.

Mengapa tidak dari dulu? Karena dulu hanya sedikit orang yang mengetahui informasi penjualan hasil pertanian sejenis rempah rempah maupun palawija yang merupakan bukan makanan pokok.

Minimnya informasi juga mempengaruhi banyak orang yang tidak mengetahui cara cara bertani rempah rempah, palawija seperti Vanili, merica dan lainya

Bukan sekedar menanam dan memanen untuk kebutuhan sehari hari saja, tetapi akan ada sedikit nilai lebih tergantung dari hitungan strategi bertani yang baik.

2.Peternakan

ternak kambing etawa
Festifal Kambing Dermaji 2018

 

Begitu juga di dunia peternakan dimana orang orang dulu memelihara hewan ternak sebatas memiliki sebagai pekerjaan tambahan tanpa berpiki sebagai bagian dari bisnis yang lebih.

Namun kini banyak yang lebih serius dan sengaja memelihara hewan ternak lebih banyak dengan tujuan bisnis.

Hal ini juga di buktikan dengan semakin banyaknya orang yang memelihara ternak dalam jumlah banyak, lebih fokus mengurus ternaknya dan dijadikan bisnis utamanya.

Sebagai contoh ada yang fokus ke ternak kambing etawa dalam jumlah besar dan memiliki banyak karyawan, ada juga sebagai peternak ayam sayur, peternak ayam telur, peternak lele dan lain lain yang benar benar di jadikan bisnis utamanya.

3.Perdagangan

Di pedesaan sudah umum memiliki warung kelontong atau warung sembako. Yaitu menyediakan bahan makanan pokok untuk orang orang sekitar.

Tetapi kini bukan hanya sekedar berjualan saja, namun juga menjalani bisnis jual beli hasil pertanian. Bahkan banyak bermunculan para pebisnis baru yang berprofesi menadi pengepul hasil pertanian di pedesaan

Ini merupakan rantai perekonomian di pedesaan yang saling berkaitan, menjadi kolaborasi yang terus berdampingan, bekerja sama yang saling menguntungkan

Para pengepul kini bisa menjual hasil pertanian yang sudah di kumpulkan ke jaringan yang lebih luas, yang memiliki nilai jual lebih tinggi.

4.Industri rumahan

usaha rumahan keripik tempe

Selain ketiga poin diatas, kini marak juga para produsen yang mengolah hasil pertanian menjadi barang jadi yang siap di konsumsi

Hal ini biasa di sebut home industry. Banyak sekali produk rumahan yang sudah beredar di pasaran dan tampaknya memang bisa menjadi pilihan lain untuk menambah pendapatan.

Semakin banyaknya usaha rumahan yang muncul merupakan hal yang sangat bagus. Ini adalah bagian dari kemajuan

Dimana antara pelaku pertanian sebagai penghasil bahan, pengepul hasil pertanian dan produsen produk rumahan bisa berkolaborasi saling menguntungkan.

Dari sisi ekonomi tentu ini mampu menaikan nilai dari hasil pertanian dan para pelaku wirausaha itu sendiri.

Namun sayangnya masih ada sebagian pengusaha rumahan yang masih terkendala dengan penjualan ke jaringan yang lebih luas untuk mendapatkan konsumen yang lebih banyak.

Ini teradi karena sebagian besar orang di pedesaan belum maksimal memanfaatkan teknologi internet sebagai alat promosi produknya.

Bukan tanpa alasan, memang jaringan internet di pedesaan yang memang masih tertinggal dan juga masih belum begitu memahami tentang dunia online

5.Produk Desa Unggulan

Ada banyak produk rumahan yang sudah berhasil di produksi dengan baik dengan kualitas yang juga tidak kalah dengan produk pabrikan

Beberapa diantaranya adalah Keripik tempe, keripik singkong balado, keripik talas, keripik pisang, keripik ubi dan masih banyak makanan ringan lainya

Selain itu sebenarnya masih banyak celah yang bisa kita manfaatkan jika berniat menjadi produsen rumahan dari hasil pertanian.

Namun sekali lagi memang belum maksimal karena keterbatasan informasi dan kurangnya pengetahuan untuk lebih memaksimalkan dalam memanfaatkan teknologi sebagai sumber informasi.

Nah bagi Anda yang sudah terbiasa dengan teknologi, Anda bisa mendapatkan banyak ide untuk memanfaatkan dan mengolah hasil pertanian yang kemudian mampu menjual ke jaringan yang lebih luas bahkan eksport sekalipun.

Bagikan ke teman

Like,bagikan,tanggapan,pendapat dan komentar berarti anda membantu membesarkan blog ini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ayo mbangun desa