Menu Tutup

Cara ternak kambing modern yang menguntungkan

ternak kambing modern

Belakangan ini semakin banyak peternak kambing yang memelihara kambingnya dengan skala lebih besar. Mereka sudah menggunakan cara ternak kambing yang lebih modern dari sisi pembuatan kandang maupun pakan ternaknya.

Dengan cara seperti ini akan lebih menguntungkan, karena pengelolaan yang lebih baik dan limbah serta kotoranya juga di manfaatkan.

Cara ternak  kambing modern

kontes kambing etawa

Advertisement

Ada beberapa perbedaan cara ternak kambing model lama, dengan yang di lakukan oleh para peternak kambing akhir akhir ini

Lalu apa sebenarnya yang dilakukan serta apa perbedaanya hingga kemudian dianggap ternak kambing modern.

Jenis ternak kambing

Sebelum melanjutkan, perlu diketahui bahwa ada beberapa kategori ternak kambing tergantung dari manfaat dan tujuanya

Ternak kambing pedaging yaitu memelihara kambing yang tujuanya untuk di potong dan menjadikan daging kambing sebagai komoditas utamanya.

Ternak kambing perah yaitu memelihara kambing dengan tujuan untuk memanfaatkan susu kambing sebagai komoditas bisnisnya

Sementara untuk ternak kambing aduan biasanya tujuan utamanya adalah untuk di ikutkan kontes kontes kambing. Beberapa kambing untuk kontes seperti kambing etawa, Jawa Randu dan lain lain

Baca : Festival kambing 2018 Pemdes Dermaji dihelat di lapang Pangkalan

Pembuatan kandang kambing

Peternak kambing sekarang memang lebih serius untuk memelihara hewan ternaknya hingga cara membuat kandang kambing juga berbeda dengan orang orang dulu.

Kini para peternak di pedesaan membuat kandang kambing lebih bagus, dibuat menggunakan bahan bahan kayu yang lebih rapih dan tampak kokoh.

Ukuran kandang juga lebih rendah, serta tempat pakan kambing yang lebih bagus, rapih agar lebih mudah untuk membersihkan sisa pakan kambing.

Bahkan ada juga sebagian yang membuat kandang kambing yang jauh lebih permanen yaitu menggunakan bahan bangunan layaknya membuat sebuah rumah.

Biasanya peternak dengan bangunan permanen ini sudah dalam lingkup peternakan kelas atas dengan komoditas pedaging atau susu perah yang di kelolah oleh perusahaan besar

Pakan kambing sesuai takaran

Walaupun dianggap modern, kambing tetap saja makananya rumput. Tapi disini ada sesuatu yang harus di ketahui yaitu takaran dan kombinasi pakan kambing.

Selain memberi rumput sebagai makanan utama kambing, peternak kambing modern juga memberi vitamin kambing, minum yang cukup, pemeriksaan kesehatan kambing secara rutin dan lain lain.

Membuat kebun pakan ternak

Umumya peternak di pedesaan memang memelihara kambing yang tidak terlalu banyak.

Ini dikarenakan memiliki ternak hanya sebatas nyambi bertani sebagai modal dasar kehidupan mereka. Jadi memang tidak khusus beternak kambing ataupun hewan ternak lainya.

Akan tetapi sebenarnya mungkin bisa saja mereka menjadikan peternakan kambingnya menjadi sumber kehidupan utamanya.

Namun masih sedikit orang yang melakukanya. Alasanya karena kemampuan untuk mencari dan memberi pakan rumput berat jika terlalu banyak kambing yang di pelihara.

Jika kita beternak kambing yang lebih banyak, kita bisa dengan cara membuat kebun rumput atau kebun khusus pakan ternak yang lebih luas yang berdekatan dengan kandang kambing

Walaupun belum tentu bisa mencukupi kebutuhan pakan jika kambing yang di pelihara jumlahnya sampai ratusan.

Tapi setidaknya ini akan bisa memperingan dalam mencari kebutuhan makanan kambing.

Spekulasi seperti ini memang belum dilakukan orang orang di pedesaan. Itu bisa di maklumi karena selama ini mereka masih bergantung kepada pertanian, sementara lahan yang dimiliki juga tidak terlalu luas.

Nah jika anda akan mencoba spekulasi cara ini sebaiknya perhitungkan apakah kebutuhan hidup sehari hari akan tercukupi selama masa perpindahan dari pertanian ke peternakan sebagai prioritas.

Pakan kambing Fermentasi

Pada peternakan kambing yang besar, memberi makan kambing kambing yang sangat banyak tentulah akan banyak menghabiskan waktu dan membutuhkan banyak pekerja.

Untuk menghindari hal tersebut, kini banyak penemuan pakan kambing yang lebih simple dan cepat dilakukan hingga dapat memangkas biaya serta menghemat waktu

Adalah pakan kambing hasil fermentasi yang bisa di buat menggunakan bahan bahan seperti jerami, alang alang liar dan dedaunan lainya

Untuk perusahaan besar akan membutuhkan peralatan modern untuk menunjang proses fermentasi serta pemberian pakan kambing.

Namun untuk peternak kecil juga bisa saja membuat pakan kambing fermentasi secara manual dengan alat yang sederhana

Dengan pakan fermentasi ini tentunya kita bisa ternak kambing tanpa perlu ngarit rumput dan akan lebih menguntungkan karena kita bisa dengan mudah mendapatkan jerami di sawah sawah yang biasanya tidak di gunakan pemiliknya

Keuntungan pakan ternak hasil fermentasi adalah bisa disimpan untuk jangka waktu yang lama. Dimana saat musim kemarau peternak biasanya kesulitan mendapatkan rumput

Selengkapnya : Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi

Memanfaatkan kotoran kambing

Tempat limbah atau kotoran hewan ternak juga di buat khusus karena nantinya akan di kelola dan di manfaatkan untuk bahan dasar pupuk organik untuk tanaman.

Bahkan kotoran dan air seni dari kambing ini juga bisa dimanfaatkan untuk pupuk tanaman. Artinya limbah dari kandang juga menghasilkan dan tidak terbuang sia sia

Sebagian peternak juga memanfaatkan kotoran ternaknya untuk di jadikan bio gas yang di alirkan ke dapur rumahnya.

Itulah sedikit gambaran cara ternak kambing modern yang menguntungkan hingga mampu menghemat biaya

Selanjutnya : Cara membuat pakan kambing Fermentasi sederhana

Bagikan ke teman

Like,bagikan,tanggapan,pendapat dan komentar berarti anda membantu membesarkan blog ini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ayo mbangun desa