Menu Tutup

Cara menanam Vanili agar 99,99 persen tumbuh subur

cara menanam vanili

Sebenarnya ada banyak cara untuk menanam Vanili dengan mudah agar bisa tumbuh dengan baik, tidak mati, yang bisa dilakukan oleh para petani

Tetapi faktanya banyak yang mengeluhkan bahwa baru membeli batang pohon Vanili meteran, saat di tanam di pot atau polybag yang tumbuh hanya beberapa batang saja.

Cara menanam Vanili dengan benar

Menanam Vanili memang gampang gampang susah. Karena tumbuhan Vanili memiliki kelemahan pada batangnya yang tidak cukup kuat dengan cuaca dan suhu.

Advertisement

Selain beberapa kelemahan di atas, cari tahu juga kelemahan lain seperti faktor lokasi, tanah yang cocok, dan cara pemupukan vanili yang harus ektra hati hati serta cuaca dan curah hujan yang tidak berlebihan.

Berikut beberapa cara menanam Vanili yang bisa kita lakukan, baik membudidayakan untuk sendiri atau untuk pembibitan.

  • Menanam Vanili dari polybag ke kebun

Jika kita berniat membudidayakan Vanili di kebun sendiri sebenarnya ada cara yang paling mudah agar batang vanili tidak membusuk.

Tergantung dari jenis benih seperti apa yang kita dapatkan. Misalnya kita membeli bibit Vanili dalam polybag.

Menanam Vanili dari polybag ke kebun tentu menjadi salah satu cara termudah. Karena Vanili sudah jelas tumbuh di dalam pot atau polybag terlebih dahulu.

Kita bisa melepaskan polybagnya baru kemudian menggali lobang untuk memasukan bibit tumbuhan Vanili kedalamnya.

Gunakan pupuk kandang, sekam, serabut kelapa atau pupuk organik lainya dan jangan terlalu banyak jika batang sulur belum tumbuh tinggi.

Hal ini untuk menghindari munculnya cacing tanah yang mengganggu, menghindari hawa panas pada batang berlebihan yang bisa mengakibatkan batang Vanili membusuk

Baca Juga :

Menanam dari batang Vanili meteran

kebun vanili

 

Banyak yang gagal menanam Vanili dimana mereka membeli bibitnya secara meteran. Mengapa? Mungkin tidak memperhatikan faktor kelemahan Vanili yang sudah di sebutkan di atas.

  • Jangan memotong batang vanili

Jika kita mendapatkan benih Vanili batangan panjang panjang, cara terbaik adalah dengan membiarkan batang pohon Vanili yang panjang dan meletakan di atas tanah secara memanjang.

Keuntunganya adalah:

  1. setiap ruas batang vanili nantinya akan muncul akar yang semakin memanjang dan masuk ke dalam tanah.
  2. Di setiap ruas batang juga nanti akan muncul tunas tunas baru cikal bakal pohon vanili yang dijadikan pohon utama.
  3. Tumbuhan vanili nantinya akan kuat dan subur, karena setiap ruas batang tumbuh akar maka nutrisi dan asupan makanan yang diserap semakin banyak dari tiap tiap ruas batang
  4. Mudah memberikan tajar untuk vanili merambat natinya dan sebaiknya jangan tumbuh meninggi. Jika sudah melewati ketinggian yang di inginkan, biarkan batang batang jatuh menyentuh tanah untuk menumbuhkan akar baru. Tujuanya agar nutrisi bisa masuk lewat akar yang tumbuh di tengah batang tadi
  5. Jika di biarkan tumbuh meninggi, asupan nutrisi dan asupan makanan akan terfokus hanya pada satu titik saja. Ini bisa membuat tumbuhan jadi kurang subur.
  6. Setelah muncul akar maupun tunas yang cukup, kita bisa memotong motong di setiap ruas untuk di pindahkan ke polybag. Ini bisa disebut stek batang secara alamiah.

batang vanili meteran

  • Langsung menanam dengan cara memotong batang

Jika Anda tidak melakukan cara pertama di atas, bisa saja dengan memotong batang pohon Vanila dan langsung menanamnya di tanah.

Jika tanah cukup baik, cara ini juga sebenarnya mudah dilakukan dan pohon Vanili juga tidak mudah mati. Namun perhatikan asupan air yang cukup dan jangan dulu di berikan pupuk yang berlebihan

Untuk hasil yang bagus, yang lainya anda bisa menggunakan cara di atas seperti yang di sebutkan pada poin 4 dan 5.

Menanam menggunakan bibit biji Vanili

Cara ini bisa juga dilakukan oleh para petani Vanili dengan melakukan pesemaian biji vanili terlebih dahulu.

Barulah kita memindahkan dari pesemaian Vanili dari polybag jika dirasa sudah cukup kuat. Cara ini sudah saya singgung sedikit pada tulisan sebelumnya.

Baca :: cara budidaya vanili

Menanam Vanili dari tanaman yang ada

Biasanya orang memperbanyak benih vanili dengan menanam yang mengambil bibitnya dari tanaman yang sudah di milikinya.

Ini memang bisa dilakukan. Anda bisa mencobanya sendiri menggunakan cara tanam vanili seperti yang sudah saya bahas di atas.

Yaitu sama dengan cara menanam yang menggunakan bibit vanili meteran.

Pemupukan Vanili

Lakukan pemupukan Vanili secukupnya, bisa ditambah porsinya jika tanaman tersebut memang dirasa cukup kuat.

Pemberian air jika kemarau, dan stabilkan kelembaban tanah. Disarankan menanam vanili di musim hujan saja. Akan tetapi perhatikan juga curah hujan yang sedang bukan curah hujan tinggi ataupun berlebihan.

Gunakan pupuk organik, pupuk kandang atau pupuk alami dimana semua unsur kandungan didalamnya sudah cukup lengkap.

Anda juga menggunakan pupuk ajaib ala haji Eng yang bisa di buat sendiri dengan mudah dan terbukti bisa mempercepat pertumbuhan tanaman

Demikian beberapa tips cara menanam vanili supaya cepat tumbuh subur dan tidak mudah layu. Semoga bermanfaat

 

Bagikan ke teman

Like,bagikan,tanggapan,pendapat dan komentar berarti anda membantu membesarkan blog ini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ayo mbangun desa